Tip persiapan UN

Dalam kesempatan ini, saya coba untuk memberikan beberapa trik untuk menghadapi UN, Tip dan Trik ini sifatnya hanya mendukung, dan berharap dapat membantu..

Untuk siswa:
Ketika Anda melakukan ujian, sebenarnya anda sedang melakukan pengujian atas kemampuanmu dalam memahami materi pelajaran, atau dalam melakukan tugas-tugas tertentu.
Ujian adalah bentuk evaluasi yang dinilai dengan standard tertentu terhadap perkembangan belajarmu.
Terdapat beberapa kondisi lingkungan, termasuk sikap dan kondisimu sendiri, yang mempengaruhimu dalam melakukan ujian.
Ada banyak sekali Tip untuk menghadapi UN. Namun selalu saja tiap orang punya trik tersendiri.
Disini kami mencoba member alternative TIP. Sepuluh tips dibawah ini berharap dapat mengoptimalkan kemampuan anda dalam UN, yaitu:
Sebelum Ujian:
1. Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.
Hal ini dapat memberi ketenangan tersendiri, lebih-lebih yang sekolah di kota besar yang sering terjadi kemacetan di jalan.
Hal dilakukan sebelumnya adalah, anda harus bangun lebih awal.
2. Bawalah semua alat tulis yang Anda butuhkan, seperti pensil asli 2B, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, , penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

Bayangkan ketika anda membutuhkan penghapus, namun anda tidak punya. Yang bakal terjadi adalah konsentrasi anda akan terganggu, begitu pula temen anda.
3. Tenang dan percaya diri.
Seperti layaknya bertarung fisik. Siapa yang menang adalah siapa yang dapat menguasai emosi dan ketenangan serta kepercayaan diri.
Aspek psikologis ini sangat mendukung anda dalam berkonsentrasi memahami soal. Yakinlah Anda Bisa!!
Ketika Di ruang Ujian
1. Review soal-soal ujianmu dulu sekitar 10-15 menit sebulum mengerjakan. Baca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit.
2. Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang Anda ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya Anda kerjakan adalah: soal paling sulit, yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya, memiliki nilai terkecil.
3. Mula-mula, abaikan jawaban yang Anda tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat Anda abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika Anda tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila Anda yakin akan koreksi yang Anda lakukan.
4. Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.
5. Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah Anda menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa Anda telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.
6. Analisa hasil ujianmu.
7. Jangan terburu-buru dan tetap tenang

Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.

Good Luck yah

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites